Kamis, 04 Maret 2010

Taukah kalian bahwa Warna Matahari itu Putih, bukan kuning



Mungkin bagi kita yang bisa menggambar, sudah pasti jika di suruh menggambarkan matahari, kita akan mewarnainya dengan warna kuning, orange dan warna-warna sejenis itu.Seperti yang sudah di ajarkan dari jaman Taman kanak-kanak jika warna matahari itu ialah??? "Kuningggg", jawab anak-anak serentak. Tapi tahukah kalian, bahwa warna matahari itu tidaklah kuning??

Warna sebenarnya dari matahari yang menyinari kita adalah putih. Terus kenapa kok bisa kuning??. Semua itu terjadi akibat atmosfer yang menyebarkan cahaya dari matahari, sehingga warna matahari menampakan perubahan(hamburan). Hal yang sama terjadi ketika kita melihat warna langit yang biru di kala siang, bukan hitam.

matahari mengeluarkan energinya melewati seluruh spektrum elektromagnetik. Energi ini terdiri dari sinar X, transmisi radio, dan sekitar bagian tengah spektrum terdapat cahaya tampak Sinar matahari terlihat putih, disebabkan karena matahari terdiri Dari intensitas yang kurang lebihnya persis dari rata-rata panjang gelombang cahaya tampak, dari merah hingga biru.



Sir Isaac Newton merupakan salah satu dari ilmuwan pertama yang membuktikan kebenaran ini. Pada sekitar tahun 1665 dan 1666, ia membuat percobaan dengan membuat sinar matahari yang memasuki ruangan gelap, melalui sebuah cela kecil. Ketika melewati prisma sinar itu terbagi menjadi semua warna yang terdapat pada pelangi, dan jatuh di permukaan yang berwarna putih.

Ia telah membuktikan bahwa cahaya putih terdiri dari warna-warna pelangi. Nah sudah cukup jelas bukan bahwa matahari itu sebenarnya berwarna putih ?

ARTIKEL LAIN

Gempa Chile mengubah poros bumi, dan memperpendek hari
Gak perlu jenius buat dapat penghargaan Nobel
Hal yang bikin Cowo tidak betah dengan Pacarnya

Facebook dan twitter merupakan situs paling beresiko
Tokoh dunia yang tidak mau pensiun mesti sudah tua
Wanita kaya yang bisa membeli segalanya dengan uang
Persepsi salah cewe dengan sebutan laki-laki buaya
Cerita tentang lamaran kerja yang unik





Tidak ada komentar:

Posting Komentar