Minggu, 24 Juli 2011

Buku pertama sudah terbit " Trik Pintar Menguasai Codeigniter "

Hallo semuanya, akhirnya.. setelah sekian lama tidak menyentuh blog ini karena kesibukan yang semakin padat, kerjaan, freelance, skripsi dan penyusunan buku. saya bisa juga memposting satu postingan untuk berbagi disini.




Oya, ini sebagai informasi, alhamdulliah saya sudah bisa menerbitkan buku pertama saya, judul nya "Trik Pintar Menguasai Codeigniter" . Buku tersebut membahas seputar Codeignter, dan trik-trik bagaimana membangun aplikasi dengan Framework Codeigniter.

berikut sinopsis dari buku saya  :-)   :

Dalam membangun sebuah aplikasi web dengan PHP, biasanya para developer akan memerlukan waktu yang relatif lama karena biasanya aplikasi yang dibangun dibuat dari nol.

Dengan menggunakan Framework atau Kerangka Kerja, maka akan mempercepat pembuatannya karena tidak harus membangunnya dari awal.

Framework diibaratkan sebagai pondasi-pondasi awal ketika membuat rumah, dan kita hanya tinggal meneruskan membangun rumah dengan mengikuti pondasi yang sudah dibentuk dari awal.

Dalam buku ini, framework yang di bahas adalah Codeigntier, sebuah framework yang sedang ramai dibahas saat ini.

Dalam buku ini diuraikan penjelasan mengenai seperti apa itu Codeigniter, bagaimana struktur codeigniter yang berupa MVC (Model View Controller), bagaimana memahami model, memahami controllers, memahami view, memahami function, bagaimana cara membuat CRUD (Create Read Update Delete) data, serta bagaimana mempercepat pembuatan aplikasi dengan library-library pendukung untuk codeigniter; seperti DX_auth library yang berfungsi untuk membuat user authentifikasi, atau bagaimana mengintegrasikan codeigniter dengan plugin jquery Tabel grid data "Flexigrid" yang mempunyai tampilan yang lebih menarik dan powerfull.

Penjelasan dalam buku ini diuraikan secara step by step serta di ukung dengan CD yang berupa file-file latihan dan contoh aplikasi, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami bagaimana cara membuat aplikasi dengan Codeignite; dari tahap yang paling sederhana sampai tahap yang lebih kompleks. 


untuk detail informasi nya, bisa di liat disini http://www.elexmedia.co.id/buku/detail/9786020000589

semoga bukunya dapat bermanfaat untuk semua. :-)

11 komentar:

  1. mau tanya mas gugun, sewaktu saya import database dari phpmyadmin kog ga bisa di import ya mas? itu semua database yg ada di cd dari bonus buku tsb

    BalasHapus
  2. @Godam untuk meng import database nya.. terlebih dahulu km harus meng create nama database nya.. setelah itu lalu import :)

    BalasHapus
  3. mantap nih gun...belajarnya sama siapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar sendiri pa.. :-) hehe..
      doakan saja semoga buku kedua, ketiga, keempat dan keseterusnya dapat berkelanjutan terbit.. aminn

      Hapus
  4. bagus sekali gun...luarbiasa yach sekarang...lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Pa Rushendra.. :-)
      semoga bukunya dapat bermanfaat.. aminn

      Hapus
  5. boleh dikirim bukunya ke malaysia

    BalasHapus
  6. Boleh dikirim bukunya ke malaysia

    BalasHapus
  7. Mw tanya, versi CI yang dibahas dibuku ini yang versi berapa?

    BalasHapus