Minggu, 20 November 2011

Lebih dari sekedar nonton bola..

Sepak bola,  olahraga yang paling banyak di gemari di seluruh dunia. Sepak bola banyak menyedot perhatian dunia, terutama  ketika event dunia seperti World Cup, Euro Cup, Copa America dan event dunia lainnya. Dengan bertabur berbagai bintang-bintang top dunia tentunya event tersebut menjadi sorotan media massa di segala penjuru belahan dunia.


Indonesia.. negara dengan fanatisme yang besar terhadap sesuatu yang namanya sepak bola ini walau pun Timnas Indonesia tidak pernah sekali pu berlaga di event dunia sekelas World Cup, Para penduduk indonesia tetap fanatik dengan tim kebanggaanya.  Sisi negatif dari sepak bola indoensia adalah ketika fanatisme antara club kedaerahan yang memicu pertikaian, tawuran dan keresahan bagi warga sekitarnya.  Tapi balik lagi ke sisi positifnya.., ketika Timnas Indonesia berlaga.. semuanya seolah bersatu. Tidak ada yang namanya itu biru,orange, hijau,merah dan lainnya. Semua jadi satu.. satu hati.. " merah putih "
laga Indoneisa - Vietnam di Seagames ke 26

INDONESIA... INDONESIA ...!!!!
teriakan dari para supporter ketika menyaksikan laga Timnas di ajang seagames ke 26. 

Semangat itu tidak hanya saja terlihat di stadion tapi juga di setiap sudut di seluruh nusantara. Dari mall, cafe sampai warung kopi dan pos ronda.. Semua bersatu begitu antusias membela dan mendukung timnas berlaga.

Dari pihak yang sengaja menyediakan layar putih besar untuk nonton bareng, sampai yang hanya menyediakan TV 14 inch dan di tonton rame-rame.

Sadar atau tidak sadar.. semangat nasionalisme lah yang muncul saat itu..
Semangat bahwa harga diri bangsa harus di pertahankan.

saya muncul untuk pertama kalinya :-p

Bukan hanya sepakbola, cabang-cabang olahraga lainnya seperti bulutangkis, tinju dan lain lainnya ikut menyedot antusiasme dan semangat nasionalisme rakyat indonesia.

Tanpa kita sadari, olahraga memang menjadi salah satu penyatu kita sebagai bangsa.. Ketika suatu event olahraga yang memakai nama negara, sudah pastilah kita sebagai bangsa akan muncul semangat dan dukungan bahwa kita harus bisa.. kita harus menang..

Ajang seagames ke 26 di Jakarta - Palembang ini harus kita manfaatkan sebagai media penyatu bangsa di tengah semrawut nya negara kita saat ini. Dan Ajang ini seakan menjadi penghibur rakyat indonesia di tengah ketidak tegasan, ke semrawutan, dan ke tidak adilan hukum, dunia politik kita.
Dan yang paling penting yang harus kita lihat disini bahwa.. bangsa kita itu besar dan hebat... selama seluruh rakyatnya bersatu tanpa melihat kelas apapun..

Bukan hanya sekedar nonton bola, tapi Semangat nasionalisme itu harus tetap di jaga oleh seluruh rakyat indonesia..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar